Kamis, 12 Mei 2016

Rangkaian Acara/Jadwal Kegiatan Waisak Nasional Umat Buddha Indonesia 2560 - 2016

Selamat Datang di Blog Forum Guru Agama Buddha Indonesia,
Namo Buddhaya,
Bulan Mei dan Juni, bagi umat Buddha merupakan bulan yang selalu ditunggu, adalah Hari Raya Tri Suci Waisak yang jatuh pada bulan Mei atau Juni setiap tahunnya. Hari Raya Tri Suci Waisak adalah memperingati Tiga Peristiwa Agung, yaitu memperingati Kelahiran Bodhisatwa Sidharta, Pertapa Sidharta Mencapai Penerangan Sempurna dan Sang Buddha Mencapai Maha Parinibbana. Pada tahun 2016 ini Peringatan Tri Suci Waisak akan di rayakan secara nasional di Candi Agung Borobudur.
Tri Suci Waisak Nasional 2560 Umat Buddha Indonesia mengambil tema "Indahnya Kebersamaan dalam Buddha Dharma" akan diikuti oleh seluruh elemen umat Buddha akan diselenggarakan di pelataran Candi Agung Borobudur pada tanggal 21 Mei 2016 pukul 19.00 s/d 21.00 WIB yang rencananya dihadiri oleh Presiden RI Bapak Ir. Joko Widodo yang lebih dekenal dengan sebutan Jokowi.

Dalam rangka menyambut Hari Raya Tri Suci Waisak 2560 BE/2016 Dirjen Bimas Buddha Kemenrtrian Agama Republik Indonesia, Bapak Drs. Dasikin, M.Pd menyampaikan bahwa umat Buddha melakukan berbagai rangkaian kegiatan. Ritual Waisak diserahkan kepada masing-masing sangha dan majelis  baik diselenggarakan di vihara, candi, maupun gedung lainnya", jelas Bapak Dasikin terkait rapat terdahulu dengan umat Buddha.
Rangkaian kegiatan Waisak  yaitu :
  1. Minggu (24/4) Sangha Theravada Indonesia (STI) menyelelenggarakan pindapatta dikawasan Kota Tua Jakarta
  2.  Minggu (8/5) diadakan bakti umat Buddha berupa pembersihan taman makam pahlawan di seluruh indonesia.
  3. Minggu (15/5) umat akan diarahkan untuk donor darah nasional yg diadakan di vihara- vihara diseluruh indonesia. Ditingkat Provinsi     dikoordinasi oleh masing-masing Pembimas Buddha dan diikuti oleh seluruh elemen.
  4. Minggu (22/5) umat Buddha serentak melaksanakan detik-detik Waisak yang jatuh pada pukul 04:14:06 di vihara masing-masing.
Berikut ini rangkaian acara/jadwal kegiatan Tri Suci Waisak 2560 - 2016 di Candi Agung Borobudur:

Bagian 1 
Acara Waisak Bersama Umat Buddha Indonesia yang dihadiri Presiden RI BapakIr. Joko Widodo (Jokowi) :


Download selengkapnya disini.

Bagian 2 :
Setelah mengikuti acara Waisak Bersama, umat Buddha dari bergai majelis di persilahkan untuk mengikutti kegiatan Waisak sesuai instruksi majelis masing masing. Berikut adalah kegiatan menyambut detik-detik Tri Suci Waisak di Candi Agung Borobudur yang dilaksanakan oleh Walubi :


Download selengkapnya disini.

Untuk Umat Buddha yang tidak mengikuti kegiatan menyambut detik detik Waisak 2560 di Candi Agung Borobudur, bisa mengikuti juga acara yang sama di Candi Sewu, Yogyakarta yang deiselenggarakan Oleh Sangha Agung Indonesia (SAGIN) bersama Majelis Buddhayana Indonesia (MBI) atau bisa kembali ke Vihara masing masing.

Selamat Hari Raya Tri Suci Waisak 2560 Tahun 2016, semoga makna Tri Suci Waisak 2560 ini mampu memberikan pencerahan bagi segenap umat Buddha Indonesia Khususnya untuk lebih mendalami dan melaksanakan Dhamma ajaran Buddha serta memperkokoh persatuan dan kesatuan umat Buddha.
Semoga Semua Mahkluk Hidup Berbahagia.

3 komentar:

  1. Assalamu alaikum wr wb, saya sekeluarga mengucapkan banyak trima kasih kepada Bpk BUDI SUHARTONO Yg bekerja di BKN pst yg telah membantu kelulusan saya dan sepupu saya untuk lulus CPNS online, saya selalu ingat kata kata bpk bahwa yg mau di terima Cuma 30% sedankan yg mendaftar sekitar 10.000 lebih, jadi kalau tdk ada pegangan memang sulit, Teman teman seperjuangan, sebelumnya saya menjadi guru tenaga honorer kurang dari 7thn dissekolah dasar negeri di probolinggo dan alhamdulillah tahun kemarin saya terangkat menjadi pengawai negeri sipil berkat bantuan Bpk Drs.BUDI SUHARTONO Yg bekerja di BKN pst, beliaulah yang selama ini membantu saya dan sepupu saya menjadi seorang PNS. Teman teman yg ingin di bantu seperti saya silahkan hubungi Bpk Drs.BUDI SUHARTONO Tlp.0853-1144-2258 Siapa tau Bpk mau bantu.

    BalasHapus
  2. Men's Wedding Bridal - mens wedding bands Titanium
    Our wedding band provides blue titanium cerakote high pure titanium earrings quality wedding accessories to weddings in the UK and Ireland. titanium max trimmer They will also titanium element offer you premium wedding accessories citizen super titanium armor

    BalasHapus

PERKUMPULAN GURU AGAMA BUDDHA INDONESIA PERKUMPULAN GURU AGAMA BUDDHA INDONESIA PERKUMPULAN GURU AGAMA BUDDHA INDONESIA PERKUMPULAN GURU AGAMA BUDDHA INDONESIA PERKUMPULAN GURU AGAMA BUDDHA INDONESIA